Langsung ke konten utama

Langkah Mudah Mendesain Kamar Tidur Minimalis

Langkah Mudah Mendesain Kamar Tidur Minimalis

Beristirahat melepas lelah seharian setelah bekerja di kamar tidur menjadi pilihan utama. Sehingga menata kamar tidur senyaman mungkin menjadi kewajiban bagi anda.

Melakukan banyak aktifitas termasuk bekerja online di kamar tidur menjadi tren populer saat ini. Aktifitas tersebut tentu mempengaruhi struktur ruang kamar tidur.

Kenyamanan kamar tidur tidak hanya menjaga kebersihannya saja. Tapi perlengkapan dan penataannya juga menentukan kenyamanan kamar anda.

Agar tidak berlebihan karena banyaknya barang, kamar anda perlu didesain seminimalis mungkin.

Meski rumah anda mungkin termasuk bangunan lama, tidak ada salahnya ruang kamar tidur didesain ulang dengan gaya kamar tidur minimalis agar anda tetap nyaman beraktifitas seharian di kamar.

Langkah-langkah berikut ini yang dapat dilakukan untuk kamar tidur minimalis anda.

CEK BUKAAN KAMAR

Kamar tidur yang nyaman memiliki bukaan jendela dan pintu yang maksimal. Minimal luasan total bukaan tersebut 5% dari luas ruangan.

Langkah Mudah Mendesain Kamar Tidur Minimalis

Apabila luas bukaan kurang, perlu anda renovasi bukaan yang ada. Ganti dengan bukaan yang lebar agar volume udara dan cahaya yang masuk lebih banyak.

CEK PLAFON

Apabila memerlukan pergantian plafon, gunakan material yang ringan tetapi kuat yakni rangka holo galvalum. Bisa menggunakan ukuran 2x4 cm dan 4x4 cm dan penutup papan gipsum 9 mm.

Jangan gunakan penutup list gipsum untuk pinggir plafon. Plafon minimalis memakai shadowline untuk penyelesaian pinggirnya.

Untuk plafon yang masih bagus tinggal kita cat ulang menggunakan warna yang selaras dengan gaya minimalis. Warna putih atau putih cream bisa mewakili gaya minimalis.

PEMILIHAN WARNA CAT DINDING

Gaya minimalis cenderung menggunakan warna-warna terang.

Warna cat putih dan abu-abu terang bisa menjadi pilihan. Warna terang dipakai untuk lebih menonjolkan perabotan yang ada dalam ruang.

Langkah Mudah Mendesain Kamar Tidur Minimalis

Agar tidak monoton, pilih warna lain yang masih senada untuk diaplikasikan disalah satu bagian dinding kamar.

FINISHING LANTAI

Suasana kamar tidur juga dipengaruhi finishing lantai yang digunakan.

Langkah Mudah Mendesain Kamar Tidur Minimalis

Pilihan finishing lantai antara lain homogeneus tile, keramik, parket atau bahan alam seperti marmer dan granit. Bahkan lantai semen poles bisa menjadi alternatif bagi anda.

PERLENGKAPAN KAMAR TIDUR

1. Rangka tempat tidur/Dipan

Memilih tempat tidur menentukan kenyamanan yang ingin anda dapatkan. Tempat tidur menjadi tempat anda melepas lelah.

Langkah Mudah Mendesain Kamar Tidur Minimalis

Sesuaikan dengan ukuran dan kapasitas kamar anda. Pilih rangka tempat tidur yang simple dan warna natural.

Selain itu tempat tidur perlu matras, bantal, guling dan sprei yang dapat menunjang kenyamanan tidur anda.

2. Penyimpanan kamar tidur

Langkah Mudah Mendesain Kamar Tidur Minimalis

Desain lemari dan meja rias yang kompak terhadap luasan ruang juga mempengaruhi sirkulasi dan gerakan di kamar. Ditambah lagi apabila diperlukan meja kerja untuk komputer. Fungsi lemari dipergunakan agar tidak ada lagi barang-barang yang berada diluar lemari dan ruangan tetap rapi.

3. Lampu tidur

Selain penerangan utama yang ada di plafon bisa anda tambahkan lampu tidur yang bisa diletakkan di pinggir tempat tidur anda.

Lampu tidur ini bisa kita atur intensitas cahayanya. Dapat diatur menjadi redup jika anda ingin tidur. Gunakan lampu hemat energi dan warna yang soft.

4. Tekstil tempat tidur

Yang dimaksud tekstil ini adalah bahan kain yang digunakan untuk menutup peralatan tidur. Mulai dari pemilihan warna dan bahan yang nyaman dikulit anda.

Pilih dan sesuaikan dengan warna-warna yang dipakai dalam kamar anda untuk kain sprei, bantal guling dan karpet yang digunakan.

Termasuk gordyn yang dipakai, pilih yang simple dan tidak banyak pernik.

Langkah Mudah Mendesain Kamar Tidur Minimalis

Perlengkapan kamar tidur minimalis bisa juga bisa anda peroleh di gerai maupun mall yang menyediakan barang interior.

Namun apabila anda memiliki selera dan keinginan yang berbeda serta menyesuaikan bentuk ruang kamar, anda bisa serahkan pekerjaan interior ke kontraktor interior.

Sebelumnya tentu saja anda perlu berdiskusi dengan konsultan interior untuk kamar minimalis anda.

Komentar