Langsung ke konten utama

Berapa Biaya Arsitek yang Pantas Dibayarkan? (Anda Perlu Mengetahuinya)

Merupakan keinginan setiap orang untuk memiliki dan tinggal di rumah yang keren.

Tidak hanya sekedar layak huni dan fungsional semata. Seiring meningkatnya taraf pendidikan, pengetahuan dan penghasilan masyarakat ditambah revolusi internet telah membuat perubahan mindset masyarakat modern.

Kemacetan di jalan dan polusi memicu stres terutama masyarakat urban. Sehingga ramai-ramai muncul budaya kerja dari rumah.

Toh semua bisa diakses lewat internet.

Berapa Fee Arsitek yang Pantas Dibayarkan?

Tidak mengharuskan tiap hari bertatap muka dan keluar rumah. Kebutuhan rumah tangga pun tinggal klik langsung diantar sampai rumah. Semua serba online.

Fungsi rumah yang hanya sebagai wadah beristirahat sementara dari aktifitas bekerja diluar, mulai bergeser ke arah rumah sebagai tempat beristirahat dan sarana bekerja yang nyaman. Ini berarti aktifitas kita 97% lebih banyak dilakukan dirumah.

Untuk mewujudkan rumah idaman yang nyaman dan sesuai selera kita perlu orang yang bisa mendesain rumah sesuai keinginan kita tersebut.

Siapa yang bisa menterjemahkan bentuk ruang-ruang yang sesuai dengan kebutuhan kita dalam rumah? Bagaimana wujud bangunan rumah nanti setelah terbangun?

Perlu profesi yang ahli dalam hal ini.

Berapa fee arsitek yang pantas dibayarkan oleh anda? Silahkan simak uraian selanjutnya...

Manfaat yang Diperoleh dengan Memakai Jasa Arsitek

Anda rela material bangunan yang anda beli percuma, malah menimbulkan kesan tempel sana-sini akibat meniru desain rumah yang sudah ada.

Setiap tempat memiliki permasalahan yang unik. Tidak bisa mencomot bentuk bangunan di tempat lain atau meniru desain di brosur perumahan untuk diterapkan pada rencana rumah kita.

Kemudian langsung menyerahkan pada tukang bangunan untuk mengerjakannya.
Perencanaan yang baik diperlukan untuk hasil yang baik.
Berlaku untuk bangunan baru maupun renovasi. Menyerahkan tugas perencanaan pada orang yang tidak tepat sama saja membuang biaya dan waktu Anda.

Untuk bisa memenuhi keinginan menjadikan rumah yang sesuai secara fungsi, keindahan dan kenyamanan untuk aktifitas sehari-hari, kita dapat menggunakan jasa arsitek.

Arsitek merupakan sebutan profesi pada seseorang yang telah membuat karya dalam hal ini bangunan, dan bukan merupakan gelar pendidikan.

Ilmu tentang desain bangunan disebut ilmu arsitektur.

Setelah lulus pendidikan strata satu jurusan arsitektur universitas di Indonesia, gelar yang diperoleh adalah sarjana teknik.

Berapa banyak mahasiswa jurusan arsitektur yang dihasilkan oleh universitas berprofesi arsitek? Tidak semua. Sehingga lulusan jurusan arsitektur tidak bisa semuanya disebut arsitek.

Kemampuan seorang arsitek selain teori yang didapat dalam pendidikan juga dari pengalaman nyata dalam sebuah proyek bangunan.

Banyak pengetahuan dan ilmu yang diperoleh dari pengalaman di proyek yang tidak didapat selama pendidikan formal.

Didalam proyek bangunan terjadi hubungan lintas profesi dan latar belakang pendidikan yang berbeda-beda.

Bagi seorang arsitek pasti akan terus fokus mengembangkan dan menambah pengetahuan dibidangnya. Sehingga desain yang dihasilkan uptodate dan problem solving bagi pengguna jasanya.

Benarkah Fee Arsitek Mahal?


Sebagian orang tidak tahu harus kepada siapa menyerahkan tugas mendesain rumahnya dan sebagian setelah tahu menjadi ragu-ragu untuk menggunakan jasa arsitek takut karena mahal.

Pendapat ini tentulah tidak benar dibandingkan manfaat yang diperoleh.

Bagi arsitek yang memiliki reputasi yang baik, karyanya diakui bagus bahkan memperoleh banyak penghargaan, fee arsitek bisa melambung tinggi.

Arsitek tersebut biasanya juga memiliki tim perencana yang baik. Sistem fee arsitek bisa berupa persentase dari dari biaya fisik bangunan kisarannya 1,5 – 8% berdasarkan ketentuan imbalan jasa arsitek yang dibuat Ikatan Arsitek Indonesia (IAI).

Ada pula yang dihitung dengan sistem per meter persegi (m2) denah per lantai. Mulai dari 10 ribu rupiah per m2 sampai 200 ribu rupiah per m2 denah bangunan. Tergantung negosiasi yang disepakati.

Nah, berapa fee yang diperoleh jika bangunan hotel empat lantai dengan luas perlantai 1000 m2? Wow.

Dikutip dari situs iai-jakarta.org berikut ini fee arsitek menurut IAI:


Catatan:
Jika biaya bangunan terletak antara dua jumlah biaya yang tercantum dalam kolom pertama tabel tersebut di atas, maka persentase imbalan jasa dengan/dapat mengikuti kurva Lampiran 2.B.

KATEGORI BANGUNAN :

(1) Bangunan Khusus
Bangunan-bangunan yang dimiliki, digunakan, dan dibiayai oleh Pemerintah sesuai tercantum dalam Pedoman Teknis Pembangunan Bangunan Gedung Negara.

(2) Bangunan Sosial
Memiliki sosial yang tidak bersifat komersial (nonkomersial):

a. Masjid, gereja dan tempat peribadatan lainnya, rumah penampungan yatim piatu, bangunan pelayanan masyarakat dengan luas bangunan maksimum 250 m2.

b. Bangunan rumah tinggal atau hunian dengan luas maksimum 36 m2.

(3) Bangunan Kategori 1
Memiliki karakter sederhana, kompleksitas, dan tingkat kesulitan yang rendah:

a. Tipe Hunian: asrama, hostel

b. Tipe Industri: bengkel, gudang

c. Tipe Komersial: bangunan-bangunan tidak bertingkat, tempat parkir

(4) Bangunan Kategori 2
Memiliki karakter, kompleksitas, dan tingkat kesulitan rata-rata

a. Tipe Hunian: apartemen, kondominium, kompleks perumahan

b. Tipe Industri: gardu pembangkit listrik, gudang pendingin, pabrik

c. Tipe Komersial: bangunan parkir bertingkat, kafetaria, restoran, kantor, perkantoran, rukan, ruko, toko, pusat perbelanjaan, pasar, hanggar, stasiun, terminal, superblok/fungsi campuran

d. Tipe Komunitas: auditorium, bioskop, ruang pameran, ruang konferensi, ruang serbaguna, ruang pertemuan, perpustakaan, penjara, kantor pelayanan umum

e. Tipe Pelayanan Medis: klinik spesialis, klinik umum, rumah jompo

f. Tipe Pendidikan: sekolah, tempat perawatan

g. Tipe Rekreasi: gedung olahraga, gimnasium, kolam renang, stadion, taman umum

(5) Bangunan Kategori 3
Memiliki karakter khusus, kompleksitas, dan tingkat kesulitan tinggi:

a. Tipe Hunian: rumah tinggal privat

b. Tipe Komersial: bandara, hotel

c. Tipe Komunitas: galeri, ruang konser, museum, monumen, istana

d. Tipe Pelayanan Medis: rumah sakit, sanatorium

e. Tipe Pendidikan: laboratorium, kampus, pusat penelitian / riset

f. Tipe Peribadatan: gereja, klenteng, masjid, dan lain-lain dengan luas lebih dari 250 m2

g. Tipe Lain: kantor kedutaan, kantor lembaga tinggi negara, pemugaran, renovasi, bangunan dengan dekorasi khusus

Formula Lain yang Digunakan untuk Menentukan Fee Arsitek

Selain ketentuan diatas, fee arsitek yang biasa ditawarkan bisa dalam formula lain. Misalnya dalam bentuk paket desain.

Paket desain standar, bisa terdiri dari gambar arsitektur lengkap, gambar struktur dan mekanikal elektrikal, ditambah perhitungan rencana anggaran biaya.

Harga paket ini mulai dari Rp. 35.000-/m2 denah bangunan.

Dalam paket desain standar ini biasanya ada minimal luas bangunan. Minimal luas  bangunan yang direncanakan 100 m2.

Jika luas bangunan kurang dari 100 m2, maka biaya akan sama dengan biaya minimal luas bangunan yang disyaratkan.

Paket desain lengkap, terdiri dari gambar arsitektur lengkap, gambar struktur dan mekanikal elektrikal, rencana anggaran biaya, ditambah beberapa gambar view 3 dimensi tampak luar dan dalam.

Sehingga memudahkan klien melihat bentuk rumah yang akan jadi nanti. Harga paket ini mulai Rp. 70.000-/m2 denah bangunan.

Bagi anda yang ingin menambah gambar untuk ijin mendirikan bangunan (IMB) harga dihitung Rp. 15.000-/m2 luas denah bangunan.

Apabila perhitungan rencana anggaran biaya (RAB) tidak masuk dalam paket yang dibuat, biaya untuk membuatnya Rp. 10.000/m2 luas denah bangunan.

Selama proyek rumah berlangsung, perlu pengawasan teknis lapangan.


Pemilik proyek rumah dapat menggunakan jasa supervisi dari arsitek secara berkala dengan biaya mulai 3,5% dari nilai rencana anggaran biaya.

Untuk Anda yang ingin rumahnya didesain oleh arsitek, cari arsitek yang fokus karyanya rumah tinggal.

Karena mereka sudah terbiasa dengan proyek rumah dan base development desain rumah tinggalnya banyak. Sekarang banyak sekali arsitek profesional bekerja secara online yang bisa anda hubungi.

Tinggal googling dan bandingkan saja fee arsitek yang ditawarkan serta hasil karya-karyanya.

Untuk lebih memudahkan berkonsultasi sewaktu-waktu apabila nanti ada masalah desain dalam pelaksanaannya, alangkah baiknya memakai jasa arsitek maupun biro konsultan perencana yang berdomisili dekat dengan anda.

Selamat membangun rumah idaman anda.

Komentar