Langsung ke konten utama

Tips Pola Lantai Untuk Mengatasi Ruang Tidak Siku


Ruang yang tidak siku banyak sekali faktornya. Pada saat awal pembangunan rumah perlu pengukuran dan marking (pemberian notasi/tanda) yang jelas dan ketat.

Titik awal yang menjadi dasar pengambilan ukuran rumah tidak boleh berubah. Biasanya diambil di salah satu bagian pojok depan lahan untuk lebih mudahnya.

Dari titik ini diambil titik siku rencana bangunan. Karena muka bangunan harus benar-benar siku.

Apabila bentuk lahan bagian belakang tidak siku dan bangunan ingin dibangun mengikuti bentuk lahan, maka yang terjadi bentuk ruang dalam yang tidak siku. Resikonya ruangan menjadi tidak siku.

Sedangkan hal lain yang membuat ruang tidak siku padahal lahan yang digunakan berbentuk persegi panjang yang relatif siku, kemungkinan saat pemasangan bata tidak memperhatikan benar notasi sikunya.

Dan ini sering terjadi apabila tidak diawasi dengan ketat saat pembangunan. Efek ruang yang tidak siku ini tentu saja banyak sekali. Saat finishing lantai, pola lantai bisa tidak rapi.

Penempatan furniture build in juga bisa terkendala karena bentuk ruang yang tidak siku.

Ide Pola Lantai Keramik Untuk Ruang Tidak Siku

Berikut ini pertanyaan dari Saudara Prima yang ingin mengganti penutup lantainya dengan keramik namun bentuk ruang yang tidak siku.

Prima
selamat siang, maaf saya mau tanya, saya mempunyai ruang tamu persegi dg ukuran 6x6 meter, tetapi tidak siku, lantai menggunakan acian semen, saya ingin ganti dg keramik, untuk itu apakah bisa latai saya yg tidak siku dikeramik, kemarin saya tanya tukang, bisa tapi nanti tidak rapi, ataukah ada saran lain ??? mohon bantuannya ... terima kasih ...

Menjawab pertanyaan tersebut,

Prinsipnya lantai acian semen dapat dilapisi dengan bahan penutup lantai keramik. Teknik pemasangan yang dapat dilakukan adalah keramik lantai direkatkan langsung menggunakan lem (berbahan dasar semen) perekat lantai keramik. Jadi tidak menggunakan bahan semen konvensional.

Atau jika elevasi lantai tidak tercapai (karena sudah tinggi) maka lantai existing harus dibongkar dan baru dipasang keramik dengan sistem biasa.

Untuk desain pola lantai yang tidak siku, dapat diakali dengan cara diberikan border (batas tegas) disekeliling ruang.

Border dipasang menggunakan bahan lain yang berbeda dengan keramik utama. Misalnya marmer, kayu, karpet ataupun keramik yang warna dan ukurannya lebih lebar.

Ambil jarak 30 - 40 cm untuk menjadi panduan. Bagian tengan pola lantai merupakan pola lantai keramik yang siku (bujur sangkar). Sedangkan sisanya adalah border tersebut. Lihat ilustrasi gambar dibawah ini.

Pola lantai dengan border menggunakan parket kayu

 Pola lantai dengan border menggunakan acian semen

Pola lantai dengan border pasangan batu alam

Pola lantai dengan border pasangan batu alam


Pada ilustrasi diatas menggunakan keramik lantai atau bisa juga homogeneus tile ukuran 60 x 60 cm sedangkan border menggunakan parket kayu, batu alam, marmer slab (ukuran besar) atau Anda bisa tetap mempertahankan semen poles karena lebih eksotis.

Antara dua material berbeda tadi bisa diisi dengan inlay dari besi stainless maupun alumunium.

Demikian, semoga bermanfaat bagi Anda.

Terimakasih

Komentar